Relawan TIK Kalbar Gelar Kegiatan Transformasi Digital Marketing Untuk Pengembangan UMKM

Relawan TIK Kalbar Gelar Kegiatan Transformasi Digital Marketing Untuk Pengembangan UMKM

Relawan TIK Kalbar Gelar Kegiatan Transformasi Digital Marketing Untuk Pengembangan UMKM

Dewasa ini, kehidupan masyarakat dunia tidak bisa terlepas dari teknologi digital. Sebagian besar aspek kehidupan telah banyak menggunakan teknologi ini, mulai dari berbelanja, konsultasi kesehatan, hingga belajar secara daring.

Masa pandemi pun semakin meningkatkan kebutuhan akan teknologi digital. Nyatanya, survei oleh United Nations Conference on Trade and Development (UNCTAD) dan NetComm Suisse eCommerce Association melaporkan bahwa 52 persen responden setuju mereka berbelanja secara online lebih sering dibanding sebelum pandemi.

Melihat semakin tinggi kebutuhan masyarakat akan teknologi digital, maka tidak heran semakin banyak perusahaan yang beradaptasi dengan melakukan transformasi digital. Apalagi jika mengingat Revolusi Industri 4.0 yang akan mengubah cara dunia bekerja menjadi lebih lekat dengan teknologi digital.

Infrastruktur dan jaringan telekomunikasi sebagai pilar utama transformasi digital

Dalam kesempatannya Direktur Jenderal PPI, Ahmad M. Ramli menyampaikan bahwa saat ini kita memasuki masa reopening. Dan disadari atau tidak pada masa ini telekomunikasi telah menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan kita, terutama saat bertransformasi digital.

“Dalam bertransformasi digital setidaknya ada lima pilar,” sambung Ahmad. Kelima pilar itu adalah infrastruktur dan jaringan telekomunikasi; quality of use; marketplace variable; kurir, pos, dan logistik; dan pemberdayaan UMKM.

Dari kelima pilar itu, yang paling diperlukan pertama kali adalah infrastruktur. “Kita berbicara online shop, bantuan tunai ke daerah menggunakan teknologi informasi, kalau jaringannya tidak ada dan sinyalnya tidak bagus, ya, tetap saja tidak bisa,” demikian jelasnya.

Lebih lanjut Ahmad menyampaikan bahwa ada tiga variabel primer digitalisasi nasional. Ketiga variabel itu, yaitu jangkauan dan pemerataan sinyal, kualitas layanan, dan segmentasi leveling.

Pengertian Tranformasi Digital Secara Umum

Transformasi digital sendiri adalah sebuah proses mengubah pelayanan pelanggan maupun operasi bisnis sebuah perusahaan dengan pemanfaatan teknologi digital. Strategi ini dilakukan sebagai upaya menambah nilai perusahaan di mata pelanggan serta membuat kinerja perusahaan semakin efisien. Dapat disimpulkan bahwa  Transformasi Digital Marketing merupakan upaya pemasaran produk dengan menggunakan perangkat elektronik/internet dengan berbagai taktik marketing dan media digital dimana pemasar dapat berkomunikasi dengan konsumen secara online atau real time, dan juga bias diartikan yaitu suatu integrasi teknologi pemasaran digital dengan proses untuk meningkatkan kinerja dari seuatu perusahaan, memperluas jangkauan pasar, meningkatkan komunikasi dua arah dengan konsumen serta bisa menekan biaya. Banyak pembisnis telah melakukan transformasi digital akan tetapi masih memakai kaidah dari pada system pasar tradisional , dari situ mengakibtkan kegagalan dalam rencana berbisnis.

Relawan TIK Kalbar turut serta dalam Kegiatan Transformasi Digital Marketing Untuk Pengembangan UMKM.

Apa saja sih keuntungan menggunakan Digital Marketing?

1. Dapat digunakan pada semua jenis bisnis

2. Dapat meningkatkan profit perusahaan

3. Mampu menjangkau target konsumen secara spesifik

4. Dapat menggukan berbagai macam perangkat

5. Dapat membantu kita dalam membangun brand

Alat-alat yang dapat digunakan dalam digital marketing

Tentu dalam digital marketing kita perlu memakai atau menggukan alat, alat yang dimaksud disini adalah yang bisa kita gunakan untuk memasarkan perusahaan maupun produk kita agar calon konsumen bisa mengetahui keberadaan barang kita, alat-alat yang biasa dipakai yaitu; media sosial seperti instagram, facebook, wa, line dbs,youtube, website, blog, email bisnis, serta infografis. Jadi kita bisa mengacu pada salah satu atau bahkan bisa menggunakan semuanya.

Alamat
Jalan KH. Abdurrahman Wahid Gg. Tegal Sari 1 No 21 Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

Contact
https://wa.me/6289693950127

E-Mail
feri@yale.sch.id

Website
www.yale.sch.id

 

Leave a Reply