Pengertian dan Fungsi Mainboard Komputer

Pengertian dan Fungsi Mainboard Komputer

Pengertian Mainboard

Pengertian dan Fungsi Mainboard Komputer-Pengertian Mainboard adalah sebuah papan sirkuit elektronik utama komputer yang digunakan untuk meletakan komponen – komponen elektronik lain seperti Processor, RAM, VGA, dan lain sebagainya. Didalam Mainboard sendiri terdapat beberapa chip controler yang berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, selain itu ada beberapa soket – soket dan slot – slot yang digunakan untuk memasang komponen – komponen lainnya.

Fungsi Mainboard

Fungsi Mainboard adalah sebagai penghubung antar hardware seperti Processor, RAM, VGA, Mouse, Keyboard, Lan Card dan lain sebagainya. Selain itu Mainboard juga berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data pada sebuah komputer.

Mainboard pertama kali dibuat serta diperkenalkan Apple sekitar tahun 1977 untuk perangkat komputer Apple II karena sebelumnya ( Apple I ) memiliki bentuk yang cukup rumit. Pada waktu itu pendiri Apple Stive Jobs dan Wozniak memikirkan untuk meletakan komponen – komponen komputer kedalam papan kusus sehingga lebih ringkas.

Setelah berhasil melakukan pengembangan dan mengimplementasikannya pada produk Apple II, banyak perusahaan – perusahaan seperti AMI, DFI, Orchid Tech, Elitegroup, Huppauge dan Micronic, mulai memproduksi perangkat Mainboard dan memasarkannya.

Kemudian sekitar tahun 1980 – 1990 perkembangan Mainboard cukup meningkat, terbukti dengan mulai diintegrasikannya Mainboard dengan port – port untuk Keyboard, Mouse, Floppy Drive dan lain sebagainya. Setelah itu pada tahun 2000 mulailah pengintegrasian beberapa komponen seperti Lan Card dan VGA Card jadi satu dengan perangkat mainboard.

Untuk saat ini Mainboard sudah ada beberapa jenis, seperti Mainboard AT / AT Baby, ATX, BTX, dan ITX, tentunya dari beberapa jenis yang ada memiliki kekurangan dan kelebihan masing – masing. Seperti adanya sirkulasi pendingin yang lebih baik pada jenis Mainboard BTX, tetapi ukurannya lebih besar dari pada jenis yang lainnya. Beberapa komponen seperti Soket CPU, RAM, VGA, Northbridge dan Southbridge, IC Bios, Port I/O dan beberapa komponen lainnya sudah menyatu pada satu perangkat yang dinamakan Mainboard.

Dari sini sobat komputer pastinya sudah mengetahui pengertian Mainboard dan juga fungsinya, Semoga ulasan diatas dapat memberikan referensi untuk sobat komputer dimanapun berada. Sampai jumpa lagi pada topik ulasan teknologi dan komputer berikutnya. Jadi sebuah fungsi utama sebuah mainboard adalah menghubungkan berbagai perangkat menjadi satu kesatuan agar bisa bekerja sama untuk mencapai satu tujuan yang sama.

Jenis – jenis Mainboard

1. Mainboard AT Baby/AT
Mainboard ini memiliki sistem sirkulasi udara yang baik dan juga memiliki kemudahan dalam pengaksesan atau pengambilan komponen yang ada didalamnya saat ada kerusakan. Mainboard berformat ini digunakan dalam 386 dan juga oleh 486 komputer pertama.

                  Sumber : wikipedia.org

2. Mainboard ATX
Mainboard ini merupakan pengganti mainboard AT Baby. Mainboard ini dibuat berdasarkan pengembangan dari mainboard AT Baby yang katanya punya sirkulasi udara dan kemudahan akses yang dibaik tapi pastinya ATX memiliki sirkulasi dan kemudahan akses yang lebih daripada itu.

                   Sumber : wikipedia.org

3. Mainboard BTX
Mainboard ini mempunyai arah socket yang siselaraskan dengan arah udara mengalir agar sirkulasi udara pada mainboard ini lebih maksimal. Mainboard BTX atau Balanced Tekchnology Extended yang dikembangkan Intel dibuat untuk menutupi kekurangan mainboard yang sudah ada sebelumnya yang pastinya dalam hal pengendalian suhu panas pada mainboard, pengaturan letak socket agar lebih efisien (dalam pengaksesan dan sirkulasi udara), serta pengoptimalan sirkulasi udara yang lebih baik.

                Sumber : wikipedia.org

4. Mainboard ITX
Mainboard ITX atau Information Technology Extended memiliki tampilan yang simple dan dinamis. Mainboard ini didukung oleh VIA yang dibuat dengan pengonfigurasian letak socket agar lebih efisien dalam pengaksesan dan sirkulasi udara yang sangat baik.

                     Sumber : wikipedia.org

Perbedaan Mainboard dan Matherboard

Motherboard adalah piranti tempat semua komponen komputer terpasang, papan rangkaian komputer tempat semua komponen elektronik komputer terangkai. Motherboard biasanya menjadi tempat prosesor, BIOS, memory, interface storage, serial dan pararel port, slot tambahan, dan seluruh piranti yang berhubungan dengan device periferal.

Periferal device misalnya monitor, mouse, keyboard, dan disk drive. Motherboard adalah salah satu perangkat utama pada komputer. Pada motherboard inilah perangkat-perangkat tambahan lainnya dipasangkan.

Sedangkan Mainboard adalah istilah lain yang biasa digunakan untuk menyebut motherboard, yaitu papan rangkaian utama pada komputer, tempat prosesor, memori, dan periferal-periferal lainnya terpasang.

Selain Motherboard dan Mainboard, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

 

Leave a Reply