Ferianto Sebagai Penyelenggara Webinar Nasional Digitall Skill Membangun Website Menggunakan Blogspot

Ferianto Sebagai Penyelenggara Webinar Nasional Digitall Skill Membangun Website Menggunakan Blogspot

Ferianto Sebagai Penyelenggara Webinar Nasional Digitall Skill Membangun Website Menggunakan Blogspot

Blogger atau Blogspot mungkin dikenal sebagai platform blog jadoel. Platform blog ini cukup eksis sebelum tahun 2010. Masih satu jaman dengan Friendster ketika masih berjaya. Jauh sebelum Facebook dan Twitter sepopuler sekarang.

Meski tergolong lawas, Blogger masih memiliki banyak pengguna. Ia masih duduk di jajaran 10 besar CMS terpopuler versi Web Technology Surveys. Setidaknya, 0,8 persen website di internet dibuat dengan Blogger.

Banyaknya orang yang masih bergantung pada Blogger bukan tanpa alasan. Dibandingkan banyak platform blog di luar sana, Blogger menawarkan platform blogging yang simpel, praktis, dan sangat mudah dikelola.

Berikut ini 10 Manfaat dan Keuntungan memiliki website:

1. Sarana Informasi Penjualan Produk maupun Jasa

Jika Anda punya produk barang atau jasa yang ingin dipasarkan di internet, maka Anda harus punya website. Website itu fungsinya adalah sebagai alat untuk memperkenalkan produk Anda kepada dunia internet. Dengan banyaknya pemakai internet, Anda punya peluang untuk mendapatkan calon pembeli dengan jumlah yang cukup banyak juga.

2. Mempermudah Komunikasi dan Interaksi secara Online

Kontak tidak harus via Email (Gmail & Yahoo) bisa menggunakan Email personal website Anda semisal: yayan@perusahaananda.co.id , Anda bisa juga dapat berkomunikasi dengan mudah. Entah itu dengan klien Anda, dengan teman-teman Anda, dengan calon konsumen dan sebagainya. Website modern itu dilengkapi dengan berbagai fitur komunikasi yang memungkinkan kita berbicara dengan pengelola website.

Adanya Kotak via Chat, kotak komentar di website, adanya form contact email adalah sebagian kecil dari cara komunikasi lewat website.

3. Memperkenalkan Company Profile Perusahaan Anda

Semakin dikenal profile suatu Perusahaan maka akan makin terkenal profil tersebut. Sebuah perusahaan atau organisasi tentu mau jika profilnya dikenal luas. Untuk itu memilih website sebagai media publikasi profil perusahaan adalah salah satu cara yang inovatif.

4. Mendatangkan Calon Konsumen atau Client Baru

Sebuah website juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk mendatangkan calon konsumen. Banyak perusahaan yang bisa menggaet klien dari luar daerah atau bahkan luar negeri lewat website yang mereka miliki.

5. Menjadi Sarana Publikasi Resmi Perusahaan Anda

Lewat website, perusahaan Anda bisa menjadikannya sebagai sarana publikasi resmi. Misalnya perusahaan Anda mengadakan undian berhadiah, maka informasi seputar kegiatan tersebut bisa ditampilkan lewat website yang dimiliki. Bahkan, hampir semua perusahaan dituntut untuk memiliki website.

6. Branding atau Merek Perusahaan

Membangun branding juga sangat penting bagi perusahaan. Nah peran membangun branding juga bisa dilakukan lewat website. Banyak website yang didesain secara khusus dan memiliki ciri khas tersendiri dari suatu perusahaan. Untuk itu branding lewat website sangat diperlukan.

7. Kemudahan Memberikan dan Mengetahui Informasi

Dengan memiliki sebuah website, perusahaan akan mudah untuk mengupdate informasi terbaru. Seperti jadwal kegiatan, berita terbaru, dan lain sebagainya. Dengan adanya website, konsumen maupun calon konsumen tetap bisa mengetahui perkembangan terbaru dari perusahaan Anda meski jaraknya sangat jauh.

Selain itu, umumnya konsumen akan lebih suka berinteraksi dengan customer service perusahaan lewat sebuah website karena kepraktisannya.

8. Kemudahan Melakukan Polling

Polling juga merupakan sarana untuk mengetahui keadaan dan keinginan konsumen atau calon konsumen saat ini. Lewat website, kita bisa membuat polling dengan mudah dan praktis namun bisa dimaksimalkan. Di internet ada banyak penyedia layanan pembuatan form isian polling yang bisa Anda tampilkan di website Anda. Dengan kemudahan ini, tentu polling juga bisa dilakukan lewat website Anda.

9. Menimbulkan Kesan Profesional

Sebuah perusahaan yang memiliki website, sudah pasti akan mendapatkan perhatian lebih dari perusahaan yang belum memiliki website. Konsumen maupun calon konsumen pasti akan melihat lebih dulu kepada perusahaan yang sudah memiliki website. Itulah sebabnya perusahaan harus punya website.

10. Mencari Partner Baru

Banyak perusahaan yang terkadang membutuhkkan partner untuk saling bekerja sama. Nah dengan mempublikasikan perusahaan Anda lewat website yang dioptimalkan, akan semakin banyak orang yang tahu mengenai keberadaan dan eksistensi perusahaan Anda. Dari sana mungkin saja perusahaan Anda bisa menemukan partner bisnis yang cocok dan menguntungkan.

Canggihnya teknologi dapat diakumulasi dengan penerapan keterampilan dan kreativitas dalam menciptakan suatu karya. Untuk mewadahi hal tersebut Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi bersama dengan Kemkominfo RI dan Sebekreasi mengadakan webinar bertema “Membangun Website Menggunakan Blogspot dengan Top Level Domain” Jumat, 22 April 2021. Webinar ini menghadirkan Aldy Tri Wahyudi sebagai narasumber selaku perwakilan dari lembaga Yale Communication, serta Puspo Galih Wichaksana selaku perwakilan dari Relawan TIK Kalbar.

Webinar tersebut dipandu oleh Eka Ayu Wulandari, dilaksanakan secara daring melalui zoom cloud meetings dan disiarkan secara live di Youtube Relawan TIK pada pukul 13.00 WIB.

Alamat
Jalan KH. Abdurrahman Wahid Gg. Tegal Sari 1 No 21 Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

Contact
https://wa.me/6289693950127

E-Mail
feri@yale.sch.id

Website
www.yale.sch.id

 

Leave a Reply