Ferianto Sebagai Narasumber Webinar Nasional Digitall Skill Design Grafis

Ferianto Sebagai Narasumber Webinar Nasional Digitall Skill Design Grafis

Ferianto Sebagai Narasumber Webinar Nasional Digitall Skill Design Grafis

Desain grafis memainkan peran penting dalam lingkungan global modern yang kompetitif saat ini. Graphic design telah menjadi bagian sangat penting untuk setiap bisnis dan acara. Bagi yang memiliki situs web tentunya akan mampu menyediakan semua kebutuhan, pengaturan grafis di situs web harus sesuai serta terlihat menarik dan menggemaskan. Perancangan grafis penting di hampir setiap bidang mencakup pemasaran, tata letak majalah, dll. Canggihnya teknologi dapat diakumulasi dengan penerapan keterampilan dan kreativitas dalam menciptakan suatu karya. Untuk mewadahi hal tersebut Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi bersama dengan Kemkominfo RI dan Sebekreasi mengadakan webinar bertema “Pelatihan Design Grafis Membuat Infografis, “ Rabu, 14 April 2021.

Dirjen Aptika Kemkominfo, Samuel A. Pangerapan, dalam Keynote Speech-nya mengatakan, Adanya pandemi Covid-19 dan pesatnya teknologi telah mengubah cara masyarakat beraktivitas dan bekerja. Kehadiran teknologi sebagai bagian dari kebutuhan masyarakat semakin mempertegas wawasan terhadap teknologi.

“Untuk menghadapi era disrupsi tersebut, masyarakat harus mempercepat kerjasama dalam mewujudkan agenda informasi digital Indonesia,” tegas Samuel A. Pangerapan, Dirjen Aptika Kemkominfo pada saat memberikan sambutan dalam Webinar Digital Society “Literasi Digital Bagi Tenaga Pendidik dan Anak Didik di Era Digital” yang tayang secara live di kanal Youtube Relawan TIK Indonesia pada Sabtu, 20 Februari 2021.

“Salah satu cara dalam mendukung terwujudnya agenda transformasi digital ini adalah menciptakan masyarakat digital. Karena kemampuan literasi digital masyarakat memegang peranan penting di dalamnya,” imbuh Samuel.

Ia melanjutkan, kemampuan literasi digital adalah hal yang paling mendasar dan paling krusial dalam menghadapi perkembangan teknologi saat ini. Untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang tidak hanya mengenal teknologi namun juga cermat dalam menggunakan teknologi pada era disrupsi ini, Kemkominfo bersama Katadata melakukan survei status read literasi digital nasional mengacu kepada kerangka literasi digital UNESCO. Hasil kajian tersebut menunjukkan bahwa indeks literasi digital Indonesia ada pada angka 3,407 dari skala 1 sampai 4.

“Itu menunjukkan bahwa indeks literasi digital kita hanya ada sedikit diatas sedang, namun belum mencapai tingkat baik. Untuk mencapai tingkat literasi yang baik pemerintah tidak dapat bekerja sendiri. Kementerian Kominfo bersama siberkreasi dan berbagai stakeholder terus berupaya mengadakan berbagai kegiatan untuk meningkatkan kemampuan literasi digital masyarakat Indonesia,” ujar Samuel.

Dalam menghadapi perkembangan teknologi yang sangat cepat, literasi digital merupakan kunci dan fondasi utama yang harus dimiliki. Pemerintah dalam hal ini Kemkominfo bersama Siberkreasi berkomitmen akan terus melakukan upaya meningkatkan literasi digital masyarakat melalui berbagai macam inisiatif kegiatan.

Dengan berbagai inisiatif kegiatan literasi digital diharapkan dapat memfasilitasi dan semakin mendorong terwujudnya masyarakat digital Indonesia, dan akan mempercepat proses digitalisasi di berbagai lini kehidupan.

“Maka kita harus mempersiapkan SDM dengan keterampilan digital yang sesuai untuk menghadapi perubahan ini. Mari kita membawa perubahan positif untuk Indonesia yang lebih baik. Kita ciptakan inovasi-inovasi berkualitas dengan mengembangkan talenta dan memaksimalkan potensi masyarakat digital Indonesia. Bersama kita dapat melalui pandemi dengan menjadi lebih baik dari masalah sebelumnya,” tegasnya.

Webinar tersebut dipandu oleh Ira Dwi Lestari dan menghadirkan narasumber Ferianto, S.Hut Relawan TIK Kalimantan Barat dan M Fajar Muharom dari Relawan TIK Indonesia yang ditayangkan secara daring melalui zoom cloud meetings dan Live Streaming di Chanel Youtube Relawan TIK.

Alamat
Jalan KH. Abdurrahman Wahid Gg. Tegal Sari 1 No 21 Desa Kuala Dua Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

Contact
https://wa.me/6289693950127

E-Mail
feri@yale.sch.id

Website
www.yale.sch.id

Leave a Reply